Tuesday, January 29, 2013

Cara Menaikkan Berat Badan

Bagaimana cara menambah berat badan yang sehat?

Secara garis besar, ada dua tipe cara untuk menambah berat badan. Anda bisa menambah lemak pada tubuh atau menambah massa otot. Tentu anda tetap harus memonitor jumlah kalori dan nutrisi yang anda akan konsumsi supaya tidak terjadi penyakit yang bernama obesitas.

Menambah lemak tentu jauh lebih mudah daripada menambah massa otot karena anda hanya butuh mengkonsumsi lebih banyak makanan (karbohidrat), tetapi bukan makanan yang kurang menyehatkan seperti makanan cepat saji melainkan makanan dengan kandungan nutrisi yang banyak seperti susu, keju, roti, alpukat, seafood, daging, dan juga kacang-kacangan. Tetapi ingat untuk tetap menyeimbangkan kandungan protein dan vitamin yang dibutuhkan. Kalau memang dalam sekali makan porsi anda sedikit, maka sering-seringlah makan makanan ringan yang mengandung karbohidrat seperti buah-buahan seperti pisang dan mangga.

Untuk menambah berat badan dengan cara menambah massa otot, anda harus memulai kegiatan fitnes (gym). Jangan lupa untuk memakai alat-alat yang melatih otot dada, punggung, pundak, perut, bisep, dan juga trisep secara bergantian dalam beberapa hari untuk menghindari cedera atau efek yang tidak maksimal. Contohnya: jangan melatih otot dada (chest) dan otot punggung secara bersamaan dalam hari yang sama, hasil yang didapatkan akan kurang maksimal.

Perlu diingat bahwa anda tetap harus berolahraga untuk menjaga kesehatan dan sistem metabolisme tubuh tercipta dengan baik. Olahraga seperti bersepeda dan berenang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung dan peredaran darah lancar pula. Apa gunanya badan bertambah besar tetapi tidak bertambah sehat?

Ingin menambah berat badan secara sehat? Tanpa harus menambah lemak dalam tubuh? Mulai dengan pola makan sehat, bersama kami disini :)



No comments:

Post a Comment