Tuesday, January 29, 2013

Sarapan Sehat Kunci Berat Badan Ideal

Sarapan sehat adalah kunci awal dari pembentukan tubuh ideal dan pola hidup sehat. Pastikan menu sarapan pagi Anda memenuhi asupan vitamin, mineral, protein, dan asam amino sesuai kebutuhan, serta karbohidrat ber-indeks glikemik rendah untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

Berikut ini beberapa cara membuat menu sarapan menjadi lebih sehat untuk program diet Anda.
  1. Pilih menu makanan lengkap. Sarapan ideal itu berupa kombinasi dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama. Sementara karbohidrat memberikan dorongan energi. Pastikan Anda menghindari lemak jenuh dan memilih gandum.
  2. Kurangi makanan bergaram. Jika tidak ingin bangun tidur dengan perut terasa kembung, pastikan Anda memperhatikan asupan makanan yang mengandung garam. Dan pastikan juga tidak lebih dari 500 mg garam per makanan, yang berarti anda harus menjauhi makanan beku atau kemasan.
  3. Pilih sereal mengandung serat, lemak dan kadar gula yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja, pilih sereal yang setidaknya memiliki 3 gram serat dalam setiap penyajian. Beri perhatian lebih pada informasi kandungan lemak, serat dan gula. Kebanyakan sereal, granola dan breakfast bar cenderung mengandung banyak gula dibanding serat. Target asupan serat per hari sebaiknya sebanyak 6 gram pada saat sarapan.
  4. Cara lain yang cepat dan mudah untuk memaksimalkan menu sarapan Anda adalah selalu menyediakan kismis dan kacang di dapur. Kismis bisa dijadikan sebagai pengganti buah segar saat persediaan buah Anda kosong. Dan kacang, tidak hanya sekedar baik sebagai kudapan namun juga bisa membuat sarapan Anda menjadi lebih sehat dengan kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Sedikit lemak sehat di dalam sarapan dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan juga membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik dari makanan yang akan dimakan setelah sarapan.
  5. Saat membeli jus buah, pilih yang murni tanpa gula tambahan, pemanis buatan, dan zat perwarna. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, beli saja buah-buahan segar dan buat sendiri jus yang Anda suka. Rasanya akan lebih nikmat!
Biasakan sarapan dari sekarang dan dapatkan hidup yang lebih sehat dengan berat badan ideal.

No comments:

Post a Comment