Sunday, March 17, 2013

Obesitas Sebabkan Sirosis Hati

Wajar bila kita bekerja keras, yang tidak wajar apabila kita terjebak dalam stres. Terutama dalam jangka waktu panjang, hal itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan.
Kepala divisi, Gastro-Hepatologi RSUD dr Soetomo, Prof Dr dr Irwan A, Nusi SpPD KGEH FINASIM menyatakan sirosis atau pengerasan hati lebih banyak menyerang orang yang bekerja "keras".

Dunia kerja dan stress, itu adalah dua penyebab terbesar seseorang melampiaskan dirinya pada makanan dan dilakukan secara berlebihan. Doket Irwan juga memapaparkan, obesitas itulah yang membuat hati tertutup lemak. Bila tidak diobati, bisa terjadi sirosis tanpa harus menderita hepatitis lebih dahulu.

Beberapa waktu yang lalu, penyebab sirosis hati adalah hepatitis B, namun sekarang kasus sirosis hati juga banyak disebabkan oleh obesitas. Bahkan kebanyakan pasien yang terserang sirosis terdapat diusia muda. Dalam kurun 10 tahun terakhir, pasien sirosis hati berusia 30-40 tahun.

Irwan menyatakan untuk melakukan vaksinasi sejak kecil, serta menjaga pola makan sehat supaya tidak terserang kolesterol yang ujungnya adalah sirosis hati. Kalau stress jangan lari ke makanan, tapi lakukan hobby anda yang positif.

No comments:

Post a Comment