Tuesday, March 5, 2013

Diet Sehat Tanpa Dehidrasi

Dapatkan Berat Badan Ideal tanpa DEHIDRASI 

Hai, Ladies! Tentunya kamu sudah tahu kalau air putih sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Yup! Air dapat membantu mengeluarkan zat sisa, menjaga kecukupan cairan dalam tubuh, dan juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit. Selain itu, cukup minum juga dapat membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Menurut rekomendasi Institute of Medicine, jumlah air yang cukup untuk pria adalah sekitar 3 liter (atau 13 gelas) dan 2.2 liter (sekitar 9 gelas) untuk wanita. “Minum 8 gelas per hari” sering digunakan sebagai rekomendasi karena mudah diingat. Namun, jadikan ini sebagai batas minimal dalama konsumsi air harianmu ya!

Minum cukup air secara teratur juga dapat membantu kita mempertahankan berat badan ideal. Dengan lebih memilih air dibanding minuman berkalori tinggi, seperti soda dan teh manis, tentu kita telah mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat diet. Selain itu, air juga dapat membantu menekan nafsu makan kita loh! Minum 2 gelas air sebelum makan dapat membantu dieters turun 2 kg lebih banyak dalam 12 minggu.
Untuk mendapatkan berat badan ideal, kita pun diajurkan untuk melakukan olahraga secara teratur. Namun, saat berolahraga itulah tubuh akan mengeluarkan banyak cairan yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh tersebut juga dapat menyebabkan kram otot sehingga olahraga pun menjadi tidak optimal.

  • Konsumsi ± 500 ml air secara bertahap 1 atau 2 jam sebelum olahraga.
  • Minum kembali ± 500 ml air 15 menit sebelum olahraga.
  • Saat berolahraga, pastikan kamu minum 150 ml air setiap 10 menit.
  • Minum ± 500 ml air setelah berolahraga. Selain itu, hindari minum jus atau soda saat berolahraga karena kandungan gula kedua minuman tersebut lebih dari 10% dan kurang baik diserap oleh tubuh.

No comments:

Post a Comment