Thursday, March 7, 2013

Obesitas Sebabkan Kanker Kulit, Overweight NO!!

Dari sebuah penlitian ditemukan sebuah gen yang terkait dengan obesitas dan makan berlebihan juga bisa meningkatkan risiko melanoma ganas, yakni kanker kulit yang paling mematikan. obesitas Para ilmuwan di Cancer Research UK, University of Leeds, menunjukkan bahwa orang yang memiliki variasi tertentu bentangan DNA pada gen FTO, yang disebut intron 8, cenderung berisiko lebih besar terkena melanoma.
Variasi perbedaan pada gen FTO, yang disebut intron 1, sudah dikenal sebagai faktor risiko genetik terpenting yang terkait obesitas dan makan berlebihan.
Varian gen ini terkait dengan Body Mass Index (BMI). Memiliki BMI tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit ginjal, kanker rahim (endometrium), dan banyak lagi.
Namun, penelitian baru yang diterbitkan di Nature Genetics ini adalah yang pertama kalinya mengungkapkan bahwa gen ini juga menjadi faktor penyakit melanoma, yang sebenarnya tidak terkait dengan obesitas dan BMI.
Para peneliti memeriksa sampel tumor di lebih dari 13.000 pasien melanoma dan hampir 60.000 orang dari seluruh dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FTO memiliki peran yang lebih luas dari dugaan sebelumnya, karena bagian dari gen ini yang berbeda terlibat dalam berbagai penyakit.
“Ini adalah pertama kalinya kita mengetahui bahwa gen obesitas utama terhubung ke beberapa penyakit dan dikaitkan dengan melanoma. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan, apakah gen ini kemungkinan akan terkait dengan penyakit-penyakit lainnya?” ujar penulis studi Dr. Mark Iles, seperti dikutip Zeenews.com.
“Ini adalah temuan awal yang menarik. Jika dikonfirmasi dalam penelitian lebih lanjut akan berpotensi memberikan solusi baru dalam pengembangan obat melanoma,” tambah Dr. Julie Sharp.

Mulai mengubah pola hidup sehat sejak muda yuk :) Klik solusi sehat disini.

No comments:

Post a Comment